Di TK Satya Kumara Desa Sausu Kabupaten Parigi Mautong, upaya peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menciptakan sarana dan prasarana yang mampu memenuhi meningkatnya minat literasi anak usia dini. Penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi secara kualitatif. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mendidik instruktur, membantu guru dan siswa, serta memberikan bahan bacaan dan sumber terkait literasi lainnya. Staf pengajar akan mendapatkan pelatihan dalam menciptakan sumber belajar literasi yang sesuai dengan perkembangan dan minat pembelajar muda. Program ini menawarkan metode dan taktik pengajaran yang kreatif dan menarik untuk mendorong minat anak-anak dalam menulis dan membaca. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa pengembangan sarana dan prasarana pendidikan memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menumbuhkan minat literasi anak usia dini. Sarana dan prasarana yang memadai dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memotivasi anak-anak untuk belajar dan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya peran keluarga dan komunitas dalam mengenalkan literasi anak usia dini. Dukungan dari orang tua dan masyarakat lokal setempat memiliki dampak positif dalam membentuk kebiasaan membaca dan menumbuhkan minat literasi sejak dini. Hasil dari proyek pengabdian masyarakat ini dapat membantu terciptanya praktik pendidikan yang lebih ramah lingkungan, khususnya dalam hal pendanaan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini. Selain itu, penelitian ini menawarkan pengetahuan yang lebih baik tentang bagaimana minat membaca anak usia dini dapat dipengaruhi oleh pengaruh kontekstual, yang dapat digunakan sebagai landasan untuk penelitian di masa depan mengenai program literasi yang lebih sukses. Membangun prasarana dan sarana penunjang pendidikan dapat meningkatkan taraf pendidikan dan mendorong rasa ingin tahu anak dalam belajar.
Copyrights © 2024