This study aims to identify and analyze the concept of character education based on marhamah values within the diverse context of Indonesian society. The main focus is on the application of compassion, empathy, social solidarity, and independence, as outlined in Surah al-Balad, verses 13-18. Using a library research method with content analysis, this study draws on interpretations of the Qur'an from classical and modern sources, such as the tafsir of Ibn Kathir, al-Maraghi, and al-Misbah. The findings suggest that marhamah values can serve as a strong foundation for shaping compassionate individuals who care for others, thereby fostering social harmony amidst diversity. Through the application of marhamah values, it is hoped to cultivate a generation possessing not only intellectual intelligence but also high emotional and social awareness. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis konsep pendidikan karakter berbasis marhamah dalam konteks masyarakat Indonesia yang beragam. Fokus utama kajian ini adalah penerapan nilai-nilai kasih sayang, empati, solidaritas sosial, dan kemandirian yang terkandung dalam surat al-Balad ayat 13-18. Menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan analisis isi, penelitian ini mengandalkan interpretasi tafsir Al-Qur’an dari sumber-sumber klasik dan modern, seperti tafsir Ibnu Katsir, al-Maraghi, dan al-Misbah. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai marhamah dapat menjadi landasan kuat untuk membentuk karakter individu yang penuh kasih sayang dan peduli terhadap sesama, serta berperan dalam menciptakan harmoni sosial di tengah keberagaman. Melalui penerapan nilai-nilai marhamah, diharapkan tercipta generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan emosional dan sosial yang tinggi.
Copyrights © 2023