Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 6 (2024): November

PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN UMKM MELALUI FLATFORM DIGITAL DI DESA LERO

Nuraisyah Nuraisyah (Unknown)
Nasrullah Nasrullah (Unknown)
Nasir Mangngasing (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun, banyak UMKM yang masih menghadapi tantangan dalam memasarkan produk mereka secara efektif. Pelatihan strategi pemasaran melalui platform digital dapat menjadi solusi untuk membantu UMKM di Desa Lero meningkatkan visibilitas dan jangkauan pasar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan strategi pemasaran UMKM melalui platform digital di Desa Lero. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran kualitatif dan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan tersebut telah meningkatkan pemahaman dan keterampilan UMKM dalam memanfaatkan platform digital untuk pemasaran. Selain itu, terdapat peningkatan penjualan dan jangkauan pasar bagi UMKM yang mengikuti pelatihan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan strategi pemasaran UMKM melalui platform digital dapat menjadi solusi efektif untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Desa Lero.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Manajemen, Ekonomi, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Kewirausahaan, Bisnis, Ilmu Sosial Humaniora, Sastra, Bahasa, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, perikanan, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Sistem Informasi, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, Hukum, ...