Renjana Pendidikan Dasar
Vol 4 No 4 (2024): Edisi November 2024

ANALISIS PENYEBAB KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI TEKS BACAAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL INTEGRATED

Ilmi, Irda Hayyibi (Unknown)
Ermiana, Ida (Unknown)
Fitriani, Fitriani (Unknown)
Ramadhani, Ilham Kharisma (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Program for Student Assessment (PISA) tahun 2022 menunjukkan bahwa skor kemampuan membaca siswa di Indonesia masih rendah. Hal serupa terjadi pada siswa kelas 3 SDN 30 Mataram. Oleh karena itu,tujuan penelitian ini 1) Analisi Kesulitan siswa kelas 3 SDN 30 Mataram dalam memahami isi bacaan 2) Mengetahui factor-faktor apa yang mempengaruhi kesulitan peserta didik dalam memahami isi bacaan pada pembelajaran tematik integrated 3) Mendeskrisikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami isi bacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data berupa data primer yang didapatkan melalui wawancara dengan guru kelas 3 SDN 30 Mataram. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa Kesulitan membaca pemahaman isi bacaan pada pembelajaran tematik integrated yang dialami siswa kelas 3 SDN 30 Mataram seperti siswa kesulitan menentukan jawaban yang sesuai isi bacaan dan siswa tidak paham maksud dari isi bacaan. Faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami isi bacaan pada pembelajaran tematik integreted meliputi kepercayaan diri rendah, kurangnya motivasi dari orang tua, daya ingat rendah, dan materi bacaan yang kurang menarik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan memahami isi bacaan yaitu menciptakan lingkungan belajar yang positif dan suportif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...