Journal of Language, Literature, and Arts (JoLLA)
Vol. 4 No. 11 (2024)

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis LKPD Find the Letter untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Sari, Meita Wulan (Unknown)
Alfan, Muhammad (Unknown)
Maulana, Muhammad Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan membaca peserta didik kelas 2C SDN Percobaan 2 Kota Malang dengan menggunakan LKPD "Find the Letter" berbasis diferensiasi proses. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif, yang menganalisis waktu dan nilai kognitif peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2C SDN Percobaan 2 Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kecepatan, peserta didik menyelesaikan tantangan dengan durasi yang bervariasi, sesuai dengan kategori kemampuan mereka. Berdasarkan analisis kemampuan membaca, didapatkan hasil bahwa 100 persen peserta didik dengan kemampuan tinggi memperoleh nilai kurang dari samadengan 78. Sebanyak 75 persen peserta didik dengan kemampuan sedang memperoleh nilai kurang dari samadengan 78, sementara 25 persen memperoleh nilai kurang dari 78. Di kelompok peserta didik dengan kemampuan rendah, 60 persen memperoleh nilai kurang dari samadengan 78 dan 40 persen memperoleh nilai kurang dari 78. LKPD "Find the Letter" berbasis diferensiasi proses terbukti mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berbeda. Variasi durasi pengerjaan berdasarkan kategori kemampuan mengurangi diskriminasi antara peserta didik dengan kemampuan rendah dan dua kategori lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan membaca peserta didik kelas 2C tergolong baik, karena peserta didik mampu mencapai nilai tinggi dalam kecepatan membaca mereka. Penggunaan LKPD yang menarik juga memotivasi mereka untuk mengerjakan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang pengaruh pembelajaran berdiferensiasi aspek proses dalam meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fs

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts is a double-blind peer-reviewed journal published monthly (pISSN 2797-0736 eISSN 2797-4480). This journal publishes scientific articles on language, literature, library information management, and arts. It publishes empirical and theoretical studies ...