Jurnal Nyanadassana: Jurnal Penelitian Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan
Vol 3 No 2 (2024)

Analisis Jalur Motivasi Belajar terhadap Self Efficacy dengan Self Regulated Learning sebagai Intervening

Nurdiyanto, Reno (Unknown)
Darwisy, Ivanka Harits (Unknown)
Utomo, Prasetio (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Self efficacy peserta didik telah terbukti ditunjukkan oleh motivasi belajar dan self regulated learning dari peserta didik. Korelasi ini diketahui terdapat hubungan pada peserta didik jenjang SMA. Studi ini menguji secara longitudinal efek dari self segulated learning dan motivasi belajar terhadap self efficacy. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 53 siswa yang mempelajari topik Fisika di SMA. Penemuan ini menggaris bawahi bahwa peran diri membantu dalam perkembangan peserta didik terhaap keyakinan mampu menguasai ilmu fisika. Temuan pada penelitian berupa adanya korelasi antara self regulated learning terhadap self efficacy dengan motivasi belajar sebagai mediasinya sebesar 0,794 dengan kategori tinggi. Guru perlu melakukan pendisiplinan pebelajar dan memberikan lingkungan yang memotivasi siswa untuk belajar sehingga memiliki keyakinan berhasil setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jnd

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

NYANADASSANA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan. Jurnal ini berfokus pada penelitian lapangan pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan ekonomi sosial-keagamaan. Jurnal ini juga bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara pendekatan tekstual dan kontekstual terhadap pendidikan, sosial, dan ...