Rahmatan Lil Alamin: Journal of Peace Education and Islamic Studies
Vol. 7 No. 2 (2024): Desember 2024

Transformasi Kebijakan Pendidikan Agama Islam Dalam Menyongsong Indonesia Emas; Sebuah Refleksi Kurikulum Merdeka

Suwadji, Suwadji (Unknown)
Hamid, Imron Rosyadi (Unknown)
Rofik, Abdur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Indonesia diproyeksikan menjadi negara maju pada tahun 2045 dengan tantangan globalisasi, revolusi industri 4.0, dan perubahan sosial budaya yang dinamis. Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan strategis dalam membentuk karakter bangsa yang religius, toleran, dan berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebijakan pembelajaran PAI dalam dalam kurikulum Merdeka yang berfukus pada integrasi nilai-nilai keislaman dengan kebangsaan, perkembangan teknologi, serta penyesuaian terhadap keberagaman budaya Indonesia. Transformasi Kebijakan pendidikan memiliki peran strategis dalam mencetak generasi unggul yang siap menghadapi tantangan dan peluang masa depan. Dalam konteks ini, pembelajaran PAI sebagai salah satu pilar pembentukan karakter bangsa, harus mampu beradaptasi dan berinovasi agar relevan dengan dinamika lokal dan global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis literature review. Data dianalisi menggunakan analisis konten yang kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan PAI perlu menekankan pada pengembangan kurikulum berbasis nilai-nilai Islam yang kontekstual, pelatihan guru yang inovatif, serta optimalisasi teknologi digital dalam proses pembelajaran. Selain itu, sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat diperlukan untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan. Dengan kebijakan yang tepat, pendidikan PAI dapat berkontribusi positif dalam mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045 yang beriman, bertakwa, berdaya saing global, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.T antangan, peluang, dan strategi implementasi kebijakan PAI yang relevan dengan visi pembangunan nasional juga dibahas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRLA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Articles to be received and published in the RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES are included in the scope of: Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson ...