COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4 No 2 (2024): Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan Konseling

HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENGINGAT PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 OGAN ILIR

Agustin, Abelia (Unknown)
Kurnia, Fitri (Unknown)
Khanafiah, Melly (Unknown)
Rahmawati, Putri (Unknown)
Lubis, Khadijah (Unknown)
Tanjung, Romi Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pentingnya keterampilan mengingat pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal yang efektif di antara peserta didik dan pengaruh faktor lain seperti latar belakang budaya dan konteks sosial. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif untuk menghubungkan keterampilan mengingat dengan kemampuan interpersonal melalui analisis korelasi. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi Excel dan SPSS. Penelitian dilakukan dengan uji validasi terhadap 30 responden yang menjadi subjek penelitian yang ditemukan di MAN Negeri 1 Ogan Ilir. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik terutama kelas X.1 yang menjadi subjek penelitian memiliki keterampilan mengingat pembelajaran dan kemampuan interpersonal yang bagus atau dalam kategori normal sehingga tidak memerlukan bantuan yang responsive untuk mengatasinya. Namun dalam penelitian ini ditemukan bahwa keterampilan mengingat pembelajaran tidak memiliki keterkaitan dengan hubungan interpersonal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Counseling

Publisher

Subject

Chemistry Education Social Sciences Other

Description

Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan Konseling adalah jurnal Peer review yang diterbitkan oleh LPPM UNIRAYA yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terkini pada bidang bimbingan konseling. Ruang lingkup bimbingan konseling dalam bidang pendidikan, meliputi penelitian, asesmen, ...