Jurnal Ilmu Multidisiplin
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Multidisiplin

Penerimaan Calon Peserta Didik Baru Dalam Manajemen Peserta Didik Di SMK Negeri 4 Muaro Jambi

Ekayani, Pusparatri (Unknown)
Ramayanti, Lisa (Unknown)
Hasanah, Huswatun (Unknown)
Karmila, Karmila (Unknown)
Nega, Salonike (Unknown)
Tersta, Friscilla Wulan (Unknown)
Wijaya, Hansein Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Artikel ini membahas proses kelulusan di SMK Negeri 4 Muaro Jambi yang melibatkan sejumlah kriteria, termasuk kelengkapan menyelesaikan mata pelajaran, perilaku, nilai, kemampuan kerja keras, dan kewajiban lulus dalam uji praktek dan uji kompetensi. Kelulusan juga menunjukkan bahwa sekolah tidak hanya memperhatikan aspek akademis, melainkan juga aspek perilaku dan kedisiplinan peserta didik. Manajemen peserta didik meliputi analisis kebutuhan peserta didik, rekrutmen, seleksi, orientasi, penempatan, pembinaan, pencatatan, dan kelulusan. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi kasus, pendekatan triangulasi, dan analisis data bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru memiliki dampak terhadap motivasi belajar, distribusi tenaga pendidik, dan manajemen sumber daya sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal ilmiah yang memuat hasil penelitian pada semua bidang multidisiplin, diantaranya ilmu pendidikan, ilmu manajemen, sosial humaniora, dan ilmu teknik secara ...