Jurnal Konsepsi
Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Konsepsi (November)

Membangun Kedisiplinan Guru dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah

Azhari, Ayu (Unknown)
Taqwa, Taqwa (Unknown)
Alimuddin, Alimuddin (Unknown)
Alauddin, Alauddin (Unknown)
Tahrim, Tasdim (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Artikel ini membahas tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam membangun kedisiplinan guru di MIN 4 Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kedisiplinan guru di Min 4 Tana Toraja, untuk mengetahui gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam membangun kedisiplinan guru di MIN 4 Tana Toraja, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam mendisiplinkan guru di MIN 4 Tana Toraja. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan ini menunjukkan bahwa guru di MIN 4 Tana Toraja telah menunjukkan sikap disiplin, namun masih ada guru yang tidak tepat waktu dalam menghadiri sekolah ditemukan juga faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam mendisiplinkan guru di MIN 4 Tana Toraja yaitu: (1) Faktor pendukung meliputi; kepemimpinan yang efektif dan komunikasi yang baik antara kepala madrasah dan guru. (2) faktor penghambat yaitu masih adanya guru yang tidak hadir dengan alasan seperti acara keluarga dan masalah kendaraan serta berbagai alasan lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...