Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 2 (2024): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Training on the Creation of Interactive Learning Media for Indonesian Language based on Islamic Values for Teachers of MTs Islamiyah YPI Batang Kuis

Yulhasni, Yulhasni (Unknown)
Darajat, Mulkan (Unknown)
Batubara, Monica Mulyani (Unknown)
Lubis, Leli Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru MTs Islamiyah YPI Batang Kuis dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis nilai-nilai keislaman dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pelatihan ini dirancang untuk memperkenalkan para guru pada berbagai teknik dan aplikasi teknologi yang dapat mendukung penyusunan media pembelajaran yang relevan dan menarik bagi siswa. Metode kegiatan meliputi ceramah, demonstrasi, serta praktik langsung dalam pembuatan media pembelajaran. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru yang terlibat berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menciptakan media interaktif yang tidak hanya menyampaikan materi akademik, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan. Hal ini terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta memudahkan internalisasi nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan sarana teknologi, pelatihan ini memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran di sekolah. Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan adanya pendampingan dan peningkatan sarana teknologi untuk mendukung penerapan media interaktif di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...