Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 11, No 2 (2023)

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SAINS SMA KOTA DUMAI

Jannah, Miftahul (Unknown)
Suarman, Suarman (Unknown)
Afrianto, Afrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan supervise akademik baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru sains SMA Kota Dumai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif secara ex post facto. Sebanyak 71 sampel yag dipilih secara simple random sampling dari semua guru sains SMAN Kota Dumai. Data diperoleh langsung dari responden melalui angket kemudian dianalisis secara statistik menggunakan analisis regresi linierĀ  berganda. Berdasarkan data analisis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif baik dari motivasi kerja dan supervise akademik terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun secara simultan dengan kontribusinya 20,2% sissanya dipengaruhi oleh factor lainnya, sarana prasarana, prestasi akademik dan pengalaman kerja. Dengan demikian untuk meningkatkan kinerja guru maka diperlukan motivasi kerja dan supervise akademik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...