Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 3 No 2 (2024): November 2024

Analisis Implementasi Program Pelibatan Orang Tua di TKIT Iqra Berdasarkan Hornby Model for Parent Participation in School

Sifa, Asifa (Unknown)
Hapsari, Aldifta Putri (Unknown)
Louisa, Catur (Unknown)
Damayanti, Dwi (Unknown)
Apriani, Elsa (Unknown)
Safitri, Friska Amelia (Unknown)
Rizqiyana, Nadya (Unknown)
Permatasari, Zelika (Unknown)
Mashudi, Esya Anesty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Implementasi program pelibatan orang tua di sekolah memiliki pengaruh dalam perkembangan anak. Namun, hal tersebut dapat menjadi masalah pada proses pendidikan apabila belum terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program pelibatan orang tua di TKIT Iqra berdasarkan Hornby model for parent participation in school. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif melalui survei sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak program implementasi pelibatan orang tua di TKIT Iqra yang sudah sesuai dengan Hornby model for parent participation in school, tetapi tingkat resiliensi keluarga, skala pelibatan orang tua dan perspektif guru TKIT Iqra masih berada pada kategori sedang sehingga program pelibatan orang tua di TKIT Iqra dapat dioptimalkan pada bentuk kegiatan counselling dan support melalui pameran hasil karya dan dongeng bersama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tintaemas

Publisher

Subject

Education

Description

tinta emas jurnal pendidikan islam anak usia dini is an international, open access, and peer reviewed journal to discuss about new findings in early childhood education, especially in muslim society. all papers are peer reviewed by at least two reviewers. tinta emas jurnal pendidikan islam anak usia ...