Jurnal Komprehenshif
Vol 2 No 2 (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Islam Swasta Al-Asri

Fitria Purba, Rahmayati (Unknown)
Kusumawati, Tri Indah (Unknown)
Aufa, Aufa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menilai pengaruh media pembelajaran big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD, mengingat rendahnya minat baca dan kurangnya antusiasme siswa. Menggunakan desain pra-eksperimen Pre-Test Post-Test Design tanpa kelompok kontrol, penelitian ini bertujuan mengevaluasi efek media Big book pada kemampuan membaca siswa. Data dikumpulkan melalui tes membaca dan soal pilihan berganda, dan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media Big book meningkatkan hasil belajar membaca siswa. Analisis inferensial dengan uji t menghasilkan t_Hitung = 11,30, melebihi t_Tabel = 1,72 pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, membuktikan adanya pengaruh positif media Big book terhadap kemampuan membaca permulaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

komprehensif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Komprehensif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...