Journal Educational Research and Development
Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober - Desember

Studi Kasus : Kemampuan Mengingat Peserta Didik Kelas 2 SDN Melayu 6 Banjarmasin

Nur’aina (Unknown)
Arta Mulya Budi Harsono (Unknown)
Ari Hidayat (Unknown)
Yogi Prihandoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis kemampuan memori luar biasa yang ditunjukkan oleh 18 dari 28 siswa kelas 2 SDN Melayu 6 Banjarmasin. Mereka mampu menghafal nama negara, warna dan simbol bendera dengan akurasi tinggi. Fenomena ini menarik karena jarang ditemukan pada anak seusianya yang biasanya masih mempelajari keterampilan dasar seperti membaca dan menulis. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mengeksplorasi faktor-faktor pendukung kemampuan memori siswa, seperti peran lingkungan belajar, strategi pengajaran, dan dukungan keluarga. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan siswa dan guru. Analisis tematik mengidentifikasi pola dan tema yang berkaitan dengan perkembangan memori. Hasilnya menunjukkan bahwa metode pengajaran interaktif seperti media visual dan permainan edukatif sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa. Namun tantangan seperti kurangnya stimulasi kognitif di rumah dan terbatasnya fasilitas sekolah masih menjadi kendala.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jerd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal Educational Research and Development ( E-ISSN : 3063-9158) is a scientific journal managed by Global Scients Publisher intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is intended as a ...