Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media interaktif berbasis PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa pada materi perkalian. Media ini memungkinkan penyampaian materi menjadi lebih interaktif melalui integrasi teks, grafik, animasi, suara, dan video. Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema terkait media PowerPoint. Hasil penelitian menjelaskan bahwa PowerPoint mampu meningkatkan perhatian dan antusiasme siswa, terutama pada konsep-konsep abstrak seperti perkalian. Motivasi belajar yang meningkat dipengaruhi oleh daya tarik visual dan penyajian materi yang mendukung siswa dalam memahami materi secara mendalam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pentingnya penggunaan media pembelajaran inovatif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran matematika interaktif berbasis PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa pada materi perkalian kelas 3 SD.
Copyrights © 2024