Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 4, No 3 (2024)

Analisis Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar di Tinjau dari Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka : Literatur Review

Septiaseh, Dwi (Unknown)
Pratama, Galih Cahya (Unknown)
Haniah, Munnal (Unknown)
Ridhaningtyas, Latifa Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

AbstrakKurikulum merdeka menekankan pada pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Senada dengan pembelajaran berdiferensiasi yang mengutamakan  kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, penelitian yang mengangkat tema  implementasi pembelajaran berdiferensiasi masih sedikit khusunya tingkat sekolah dasar. Dari permasalahan ini, peneliti tertarik untuk melakukan literatur riview  tentang pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Penelitian ini memiliki dua tujuan antara lain pertama menguraikan pembelajaran berdiferensiasi. Kedua memaparkan hasil dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Metode yang digunakan yaitu literatur riview dengan bantuan Google Scholar dan Scopus dengan rentang waktu dari tahun 2021 hingga 2023 dan dengan bantuan kata kunci “pembelajaran berdiferensiasi, kurikulum merdeka dan gaya belajar siswa”  diperoleh 38 artikel. Dari 28 artikel di lakukan analisis sesuai dengan tema dan kajian sehingga diperoleh 5 artikel. Hasil dari kajian literatur riview  yaitu terdapat tiga aspek dalam pembeljaran berdiferensiasi yaitu konten, proses dan produk/proyek dan pembelajaran berdiferensiasi dasar dari tujuan kurikulum merdeka yang menekan pada pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa sehingga dapat menumbuh kembangkan potensi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...