MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar

Jannah, Ridhatul (Unknown)
Soraya, Ridha Addina (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Cinantya, Celia (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara keterampilan berpikir dasar siswa dan hasil pembelajaran mereka dalam mata pelajaran sains di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan keterampilan berpikir dasar siswa dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran sains yang fokus pada pengembangan keterampilan berpikir dasar membantu siswa memahami proses matematis secara mendalam, bukan hanya terfokus pada jawaban akhir. Metode penelitian yang digunakan adalah review artikel atau studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mampu berpikir secara kritis cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep dan dapat menerapkan pengetahuan dalam memecahkan masalah. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah, siswa harus berpikir secara mendalam sehingga dalam pembelajaran matematika mereka tidak mengalami kesulitan, dan ketika keterampilan berpikir dasar meningkat, kemampuan belajar mereka juga akan meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...