MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar

Widiawati, Olivia (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Cinantya, Celia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan model Project Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Dalam konteks abad ke-21 di mana tantangan global semakin kompleks dan kemajuan teknologi semakin pesat, berpikir kritis menjadi sangat penting. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur, mengumpulkan data dari buku, jurnal dan penelitian sebelumnya. BPL berfokus pada pemecahan masalah dunia nyata melalui pembelajaran berbasis pengalaman, yang memungkinkan siswa untuk mempertajam kemampuan analitis, evaluatif, dan kreatif. Temuan menunjukkan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata yang konsisten di seluruh siklus pembelajaran. Selain itu, PBL juga menumbuhkan antusiasme, komunikasi dan kolaborasi yang lebih banyak dari para siswa. berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL adalah pendekatan  dasar sekaligus mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. penelitian ini menawarkan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan peneliti tentang potensi PBL untuk mengembangkan pemikiran kritis di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...