MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Upaya Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Sekolah Dasar

Amalia, Agnia (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Cinantya, Celia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Membaca memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan, terutama di era informasi dan komunikasi seperti sekarang ini. Aktivitas ini bukan sekadar rutinitas, melainkan jembatan menuju kemajuan dan keberhasilan di berbagai aspek kehidupan, baik dalam dunia pendidikan maupun karier. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan upaya-upaya yang dapat meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka, di mana data yang dikumpulkan berupa tulisan yang kemudian dideskripsikan sesuai dengan sumber yang telah diperoleh. Dalam penelitian  ini pengumpulan data  dilakukan dengan menelusuri  artikel-artikel yang ada dijurnal online Google Cendekia/Google Schoolar. Hasil yang diperoleh terdapat beberapa upaya untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar antara lain meliputi dukungan dari orang tua, guru, dan teman-teman, membiasakan siswa membaca buku sebelum pembelajaran, serta memilih bacaan yang disukai siswa namun tetap edukatif. Dari hal ini, dapat disimpulkan bahwa selain keinginan, kemauan, dan dorongan internal untuk membaca, dukungan eksternal dari orang tua dan guru juga sangat diperlukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...