MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Peran Guru dalam Menciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan

Andini, Mina (Unknown)
Ramdhani, Susanty (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Cinantya, Celia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Keberhasilan pembelajaran di kelas sangat dipengaruhi oleh peran guru dalam mengajar dan mengelola kelas. Pentingnya menciptakan proses belajar yang menyenangkan sebagai kunci keberhasilan pendidikan, penyampaian materi yang menarik dan interaktif, serta pengelolaan kelas yang menciptakan suasana kondusif, menjadi faktor penting dalam meningkatkan antusiasme dan minat belajar siswa. Guru diharapkan dapat membangun hubungan akrab dengan siswa, mendorong partisipasi aktif, dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk menghindari kebosanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menciptakan proses belajar yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan beberapa publikasi yang berkaitan dengan topik penelitian yang bersumber dari artikel atau jurnal nasional/ internasional yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru perlu mengelola kelas dengan baik untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memberikan motivasi kepada siswa, serta menerapkan strategi pembelajaran yang variatif dan inovatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...