Anak dengan kebutuhan khusus, termasuk siswa dengan Down syndrome, memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan berkualitas. Down syndrome merupakan disabilitas intelektual akibat kelainan kromosom yang memengaruhi perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak. Siswa dengan Down syndrome sering menghadapi kesulitan dalam berpikir abstrak, memproses informasi, dan memahami konsep tertentu, sehingga memerlukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dan menganalisis strategi pembelajaran yang efektif bagi siswa dengan Down syndrome. Pendekatan fleksibel, kreatif, berbasis multisensori, serta penguatan positif diidentifikasi sebagai strategi penting dalam mendukung hasil belajar mereka. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman guru, terbatasnya fasilitas pendidikan inklusif, dan minimnya panduan spesifik sering menghambat penerapan strategi ini. Dengan meningkatnya kesadaran terhadap pendidikan inklusif di Indonesia, penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan pendekatan pembelajaran yang adaptif dan inklusif. Hasilnya diharapkan memberikan panduan praktis bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung bagi siswa dengan Down syndrome.
Copyrights © 2025