Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 6

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Jurusan Kimia

Jusniar, Jusniar (Unknown)
Syamsidah, Syamsidah (Unknown)
Zubair, Sakinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek merupakan pendekatan yang inovatif dalam pendidikan tinggi, khususnya di jurusan kimia, yang bertujuan mengetahui efektifitas implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa jurusan. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa jurusan kimia FMIPA UNM Prodi Pendidikan Kimia Kelas A sebanyak 35 orang. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif pengkategorian kemampuan berpikir kritis melalui analisis N-gain. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek diperoleh harga rata-rata N gain sebesar 0,53. Hal ini berarti Pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa jurusan kimia dengan kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...