Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 11

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project-Based Learning pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Febriati, Farida (Unknown)
Monoarfa, Merrisa (Unknown)
Jamalong, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Project-Based Learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk mendukung pembelajaran pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi hingga tahap Develop. Validasi dilakukan oleh ahli media dan materi, diikuti uji coba pada kelompok kecil dan besar. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini memenuhi kriteria validitas (rata-rata skor: media 85%, materi 90%) dan kepraktisan (rata-rata skor uji coba 89%). Penggunaan modul ini meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian merekomendasikan penggunaan bahan ajar ini pada berbagai mata kuliah serupa.Kata Kunci: Bahan Ajar, Project-Based Learning, Validitas, Kepraktisan, Teknologi Pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...