Journal of Education Action Research
Vol 8 No 2 (2024): May 2024

Kebutuhan Pengembangan Terhadap Media Pembelajaran Videografis Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Ilzam, Moch Ilzam (Unknown)
Dwiyono Hari Utomo (Unknown)
Yusuf Suharto (Unknown)
Purwanto (Unknown)
Budi Handoyo (Unknown)
Tuti Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Inovasi dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membawa transformasi yang signifikan di bidang pendidikan. Pengembangan media pembelajaran menjadi suatu keharusan dalam menghadapi era digital yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan terhadap media pembelajaran videografis untuk siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yaitu 120 siswa dan 2 guru mata pelajaran geografi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket non-tes, survei kuesioner, dan pedoman observasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai kebutuhan dan pandangan siswa serta guru. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa pengembangan media ini dianggap strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Meskipun demikian, diperlukan peralatan dan pelatihan yang lebih memadai bagi guru. Hasil kuesioner menunjukkan respon positif siswa terhadap pembelajaran geografi, dengan 97% siswa senang dengan metode pembelajaran dan 81% menganggap geografi sebagai mata pelajaran favorit. Dukungan terhadap media pembelajaran berbasis videografis juga tinggi (85%). Interaksi guru-siswa dinilai mempengaruhi minat dan pemahaman siswa. Media pembelajaran berbasis videografis dapat meningkatkan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...