Journal on Education
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Education: Volume 7 Nomor 1 Tahun 2024

Kemandirian Belajar sebagai Solusi Peningkatan Keterampilan Abad 21 pada Siswa Sekolah Dasar

Nour Ariyanti Amir (UPTD SDN 23 Barru)
Arismunandar Arismunandar (Universitas Negeri Makassar)
Suardi Suardi (Universitas Negeri Makassar)
Lutfi Lutfi (Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada)
Andi Dewi Riang Tati (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Pada era globalisasi yang terus berkembang ini, keterampilan abad 21 menjadi sangat penting bagi siswa agar mereka dapat menghadapi berbagai tantangan di masa depan dengan baik. Sekolah dasar memiliki peran utama dalam membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi sebagai dasar pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memasukkan konsep kemandirian dalam belajar sebagai strategi untuk mengembangkan keterampilan tersebut sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kemandirian dalam belajar dapat membantu meningkatkan keterampilan abad 21 pada siswa sekolah dasar dan merumuskan metode pembelajaran yang efektif untuk diterapkan. Memanfaatkan teknik penelitian pustaka dalam studinya ini menelaah literatur akademik mengenai konsep kemandirian belajar dan metode pembelajaran berbasis proyek serta penggunaan teknologi pendidikan dan penilaian diril sebagai upaya mendukungnya. Temuan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan kemandirian belajar melalui pendekatan ini memberikan dampak positif pada pengembangan keterampilan abad ke-21 pada siswa dengan meningkatkan rasa tanggung jawab mereka serta kemampuan mandiri dan pengambilan keputusan. Studi ini merekomendasikan agar sekolah dasar fokus untuk menerapkan metode yang mendukung kemandirian belajar dan memberikan pelatihan kepada guru agar dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memfasilitasi pembelajaran mandiri bagi para siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...