Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP)
Vol 4, No 2 (2024)

E-Magazine Momentum dan Impuls dengan Kegiatan Prediksi-Observasi-Evaluasi: Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Fisika

Masitah, Masitah (Unknown)
Azizah, Nadia (Unknown)
Santiani, Santiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Rendahnya literasi sains siswa Indonesia mengharuskan adanya upaya-upaya peningkatan sehingga generasi dapat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa melalui penggunaan e-magazine momentum impuls berbasis prediksi-onservasi-evaluasi. Desain penelitian adalah pre-experimental one grup pretest-posttest  pada sampel 37 siswa kelas X-IPA MA Muslimat NU Palangka Raya. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran, e-magazine, dan tes esai literasi sain. Perangkat pembelajaran divalidasi isi oleh ahli dan praktisi serta validasi empiris dengan ujicoba lapangan. Validasi ahli dianalisis dengan teknik Indeks Aikens dan validasi empiris untuk soal esai literasi sain dianalisis dengan analisis butir soal klasik dengan validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. E-magazine valid dengan indeks Aikens 0,921. Soal esai literasi sains terdiri dari 3 aspek dan 7 indikator dengan 10 butir soal valid, reliabel, daya beda cukup baik, serta tingkat kesukaran sedang. Keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori baik. Literasi sains siswa meningkat dari pre-test dan post-test secara signifikan dengan peningkatan tertinggi pada indikator mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid dan peningkatan terendah pada indikator penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif. Literasi sains siswa yang berkembang pada tahap awal atau level sederhana, namun belum berkembang pada level kompleks. E-magazine momentum dan impuls berbasis prediksi-observasi-evaluasi dapat dipergunakan untuk meningkatkan literasi sain siswa. Upaya peningkatan literasi sains siswa harus terus dilakukan agar generasi dapat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics Other

Description

The Journal publishes scientific articles in Indonesian language which are the research results in the field of Biology, (Ecology, Microbiology, Zoology, Botany, Systematics, Molecular, Bioinformatics), Physics (Material physics, Instrumentation, Astrophysics, Computing), Biology Education, Physical ...