Journal of Economics Education
Vol 3 No 1 (2024): Mei

ANALISIS BRANDING SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDAFTARAN SISWA: STUDI KASUS DI SEKOLAH SMA TRI SUKSES BOARDING SCHOOL JAMBI

Agustin, Melandia (Unknown)
Arisa, Mutia Nur (Unknown)
Rismawati, Desy (Unknown)
Arpizal, Arpizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Branding sekolah atau school branding menjadi salah satu aspek penting karena berperan dalam meningkatkan daya tarik calon siswa dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi branding yang diterapkan oleh SMA Tri Sukses Boarding School Jambi mampu menarik minat calon siswa baru. Metode dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriftif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini menganalisis berbagai elemen branding yang diterapkan sekolah, mulai dari identitas visual, pesan komunikasi, hingga pengalaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Tri Sukses Boarding School Jambi telah berhasil membangun citra yang kuat dengan mengedepankan nilai religius, prestasi akademik yang unggul, dan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami peran branding sebagai strategi untuk meningkatkan daya tarik sekolah. Temuan ini dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan lain dalam merancang strategi branding yang efektif untuk menarik minat calon siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEec

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of economic education (JEEC) which publishes the research results of individual or collaborative research. This journal publish not only focus on economic education but also technology and vocational, social science, non formal education, learning technologies, and education management. JEEC ...