Indonesian Journal of Education
Vol. 1 No. 3 (2025): Edisi Februari

Pemanfaatan Limbah Plastik Pada Pelaksanaan P5  Menggunakan Model Pembelajaran PJBL di Kelas 3 SDN 1 Kumbang

Deny Susanti (Unknown)
Eli Hasmianti (Unknown)
Fathul Amin (Unknown)
Hayatul Baiti (Unknown)
Mahyuni Fitriani (Unknown)
Windri Sri Maroni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Limbah plastik menjadi salah satu isu lingkungan yang semakin mendesak, terutama di Indonesia. Untuk menghadapinya, pendidikan di tingkat sekolah dasar dapat memainkan peran dalam membangun kesadaran dan keterampilan siswa terkait pengelolaan sampah plastik. Artikel ini mengulas penerapan model pembelajaran berbasis proyek (P5) dengan metode Project-Based Learning (PJBL) yang melibatkan kegiatan pemanfaatan limbah plastik di kelas tiga SDN 1 Kumbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan limbah plastik menjadi suatu barang yang berguna. Selain itu dalam artikel ini membahas mengenai kampanye pengurangan penggunaan plastik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah limbah plastik dapat diolah menjadi bak sampah yang sudah diterapkan pada pembelajaran P5 melalui metode pembelajaran PJBL di kelas tiga SDN 1 Kumbang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Education (IJE) is dedicated to advancing education by publishing high-quality, original research and scholarly articles. The journal serves as a platform for educators, researchers, and practitioners to share knowledge and insights, aiming to improve educational practices ...