MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 3 No. 1 (2025): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Maret 2025

Pengaruh Kepemimpinan Guru Dalam Manajemen Berbasis Kelas Terhadap Partisipasi Belajar Siswa di SD Negeri 065013 Setia Budi Medan Selayang

Tanjung, Darinda Sofiya (Unknown)
Sembiring, Fitalia Br (Unknown)
Habeahan, Jemrianti (Unknown)
Saragih, Agnes Rizky Amelia (Unknown)
Lisdawati, Rica (Unknown)
Sababalat, Sri Deni (Unknown)
Tarigan, Olga Ananta Br (Unknown)
Naibaho, Putri Ester (Unknown)
Efesus, Wihi (Unknown)
Situmorang, Geofani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk generasi yang berkualitas, dengan berbagai faktor dalam sistem pendidikan yang memengaruhi keberhasilannya. Salah satu faktor kuncinya adalah kepemimpinan guru, di mana guru tidak hanya bertindak sebagai pendidik tetapi juga sebagai pemimpin yang dapat mengelola kelas secara efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Pendidikan yang berkualitas dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kepemimpinan guru yang efektif dalam mengelola kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Manajemen kelas yang baik dapat meningkatkan partisipasi siswa dan mendukung perkembangan akademik serta emosional mereka. Metode penelitian kualitatif deskriptif menjadi metode yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan guru berpengaruh signifikan terhadap dinamika kelas dan keterlibatan siswa. Strategi pengajaran interaktif dan kegiatan luar ruangan dapat mengurangi kebosanan dan meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...