Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 7 No 2 (2024): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Desiminasi Metode Mengajar Writing DOWMR Pada Guru Bahasa Inggris Sekolah Penggerak SMP Negeri 2 Woha

Ningsi, Fitri (Unknown)
Nurnaningsih, Nurnaningsih (Unknown)
Nurhidayat, Nurhidayat (Unknown)
Ora, Erna Yunita Nopitasari (Unknown)
Syarifuddin, Syarifuddin (Unknown)
Yani, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh mahasiswa, namun sering dianggap sebagai keterampilan yang sulit. Salah satu tantangan utama adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif, yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan mereka dalam memvisualisasikan objek yang akan dideskripsikan. Untuk mengatasi masalah ini, metode Direct Object Writing Method with Realia (DOWMR) diusulkan sebagai solusi. Metode ini melibatkan penggunaan objek nyata di sekitar siswa untuk membantu mereka mendeskripsikan objek dengan lebih rinci dan mendalam. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Woha dalam menerapkan metode DOWMR untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini meliputi pre-test, sosialisasi, pemberian materi, post-test, dan diskusi. Hasil yang dicapai menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam mengajarkan penulisan teks deskriptif, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih praktis dan menyenangkan bagi siswa. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan, seperti waktu yang terbatas dan biaya yang minim, kegiatan ini berhasil memberikan dampak positif terhadap pengembangan kapasitas pengajaran guru Bahasa Inggris di sekolah tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...