Menulis merupakan salah satu keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh mahasiswa, namun sering dianggap sebagai keterampilan yang sulit. Salah satu tantangan utama adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif, yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan mereka dalam memvisualisasikan objek yang akan dideskripsikan. Untuk mengatasi masalah ini, metode Direct Object Writing Method with Realia (DOWMR) diusulkan sebagai solusi. Metode ini melibatkan penggunaan objek nyata di sekitar siswa untuk membantu mereka mendeskripsikan objek dengan lebih rinci dan mendalam. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Woha dalam menerapkan metode DOWMR untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini meliputi pre-test, sosialisasi, pemberian materi, post-test, dan diskusi. Hasil yang dicapai menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam mengajarkan penulisan teks deskriptif, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih praktis dan menyenangkan bagi siswa. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan, seperti waktu yang terbatas dan biaya yang minim, kegiatan ini berhasil memberikan dampak positif terhadap pengembangan kapasitas pengajaran guru Bahasa Inggris di sekolah tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024