Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMP dalam pembuatan bahan ajar berbasis ekopedagogi dengan bantuan kecerdasan buatan (AI). Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan dengan metode penyampaian materi, diskusi, tanya jawab, simulasi, dan praktik. Hasilnya, para guru berhasil mengembangkan bahan ajar yang interaktif dan adaptif, yang memanfaatkan AI untuk personalisasi pembelajaran dan umpan balik real-time. Peningkatan nilai rata-rata postes dari 61,58 menjadi 78,42 menunjukkan efektivitas pelatihan dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru. Observasi dan wawancara dengan para guru menunjukkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dan termotivasi dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip ekopedagogi. Produk akhir berupa bahan ajar digital yang dihasilkan menunjukkan kreativitas dan inovasi tinggi, serta mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya tentang manfaat AI dalam pendidikan dan pentingnya integrasi ekopedagogi untuk mengembangkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran tetapi juga berpotensi sebagai model untuk pengembangan pendidikan berkelanjutan di Indonesia.
Copyrights © 2025