Bakoba: Journal of Social Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMPN 2 BANGUN PURBA

Gustin, Ayu (Unknown)
Aida, Welven (Unknown)
Hardianto, Hardianto (Unknown)
Harapan Bunda, Ridho (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu Guru kurang bervariasi dalam menentukan model pembelajaran sehingga siswa cenderung merasa jenuh dan kurang termotivasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP N 2 Bangun Purba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa VIII SMP N 2 Bangun Purba. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 27 orang siswa dan siswa kelas VIIIB yang berjumlah 28 orang siswa. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan posttest dengan dasar pengambilan Ho ditolak apabila thitung > ttabel dan diterima Ha apabila t hitung > ttabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh data thitung 3,09 > 1,683. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Bangun Purba tahun pembelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bakoba

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat ...