Jurnal Studi Edukasi Integratif
Vol 1 No 3 (2024)

Strategi efektif dalam pengelolaan dana sekolah yang inspiratif dan berkelanjutan di UPTD SMP Negeri 37 Sinjai

Mustabsyirah, Mustabsyirah (Unknown)
Mardyawati, Mardyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Pengelolaan dana sekolah merupakan aspek krusial dalam mendukung kegiatan pendidikan, khususnya dalam menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi efektif dalam pengelolaan dana sekolah yang inspiratif dan berkelanjutan, dengan studi kasus di UPTD SMP Negeri 37 Sinjai. Metode penelitian melibatkan observasi dan wawancara terstruktur dengan kepala sekolah dan bendahara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi menjadi prinsip utama dalam sistem pengelolaan dana sekolah. Tantangan utama yang dihadapi sekolah UPTD SMP Negeri 37 Sinjai adalah keterbatasan anggaran, literasi keuangan yang rendah, dan keterlambatan pencairan dana. Untuk mengatasi hal ini, strategi seperti pelaporan keuangan rutin, audit internal, pelatihan staf, serta penggunaan teknologi seperti aplikasi Rencana Kerja Anggaran Sekolah (ARKAS) diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas. Pengelolaan dana yang tepat tidak hanya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah tetapi juga memastikan optimalisasi penggunaan sumber daya untuk mendukung pembelajaran. Pentingnya pendekatan kolaboratif dan inovatif dalam manajemen keuangan guna memastikan keberlanjutan pendidikan berkualitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsei

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Studi Edukasi Integratif berfokus pada kajian dan studi dalam bidang pendidikan dengan pendekatan multidisiplin ilmu. Artikel yang diterbitkan membahas berbagai aspek pendidikan dari sudut pandang luas, mencakup integrasi konsep, metode, dan praktik secara menyeluruh dari skala mikro hingga ...