Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya permasalahan di lingkungan pendidikan, khususnya tingkat sekolah dasar yang berkaitan dengan sikap sosial. Padahal sikap sosial ini sejatinya merupakan salah satu amanat kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi sikap sosial di SDN Cikoneng khususnya dalam pembelajaran PPKn, faktor pendukung dan penghambat serta solusinya pada kelas VI SDN CIkoneng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi serta angket. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif Miles dan Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penilitian menunjukan implementasi sikap sosial di SDN Cikoneng sudah cukup baik. Implementasi sikap sosial dalam pembelajaran PPKn di SDN Cikoneng dilakukan dengan berlandaskan Pancasila. Guru juga memberikan contoh yang baik dari segi ucapan dan perilaku sebagai bentuk teladan bagi peserta didik. Selain dari itu, program sekolah juga menunjang implementasi sikap sosial di SDN Cikoneng. Namun disamping itu, terdapat faktor penghambat implementasi sikap sosial ini yaitu beragam karakter peserta didik mengakibatkan kemampuan sosial-emosional yang berbeda. peserta didik yang memerlukan perhaitian khusus, terbatasnya sarana dan prasarana serta kurangnya kesadaran orang tua dalam perkembangan sikap anak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024