Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol. 18 No. 2 (2024)

Desain Educaplay pada Materi Pecahan dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar

Purbawati, Sih Yunika (Unknown)
Sri haryani (Unknown)
Noening Andrijati (Unknown)
Sudarmin (Unknown)
Sri Wardani (Unknown)
Wahyu Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Pelajaran matematika masih menjadi salah satu momok dalam pembelajaran. Matematika masih dianggap sulit untuk dipahami. Permasalahan dalam pembelajaran matematika salah satunya adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa sekolah dasar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan sangat memengaruhi jalannya proses belajar-mengajar. Media pembelajaran berbasis Educaplay adalah media yang mengintegrasikan berbagai elemen media seperti teks, audio, gambar, animasi, dan video, dan menyatukannya dengan permainan edukatif ke dalam satu sistem yang terpadu. Pemanfaatan game Educaplay ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa pada materi pecahan siswa sekolah dasar. Hasil pembahasan menunjukkan peningkatan yang berarti dalam kemampuan menyelesaikan masalah matematika pada kelompok yang mengikuti percobaan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...