Di era Kurikulum Merdeka,beberapa guru kurang mampu mengetahui kemampuan peserta didik sehingga tidak dapat memfokuskan lebih dalam pada bidang yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan assesmen pra-as-for-of learning sebagai sarana calon guru profesional untuk mengembangkan keterampilan penelitian dan meningkatkan pemahaman terhadap asesmen di era Kurikulum Merdeka. Pada penelitian ini menerapkan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE : Analysis (analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate (evaluasi) yang hanya dilaksanakan hingga tahap development. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa monograf asesmen pra-as-for-of learning pada materi intoduction of chemistry. Asesmen pra digunakan di awal pembelajaran, asesmen as digunakan sebagai refleksi pembelajaran yang mengusung penilaian diri dan teman sejawat, penilaian for digunakan untuk perbaikan hasil pembelajaran dan asesmen of digunakan untuk evaluasi akhir pembelajaran. Instrumen assesmen pra-as-for-of learning pada materi introduction of chemistry dikatakan layak digunakan dari hasil penilaian validasi konten sebesar 85,35%, validasi media sebesar 87,33% dan hasil uji keterbacaan sebesar 87,22%.
Copyrights © 2025