AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya
Vol 7 No 2 (2023): September

MEDIA VIDEO ANIMASI DORATOON TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA MI ROUDLOTUL BANAT SIDOARJO

Taufik, Taufik (Unknown)
Mas’ud, Sulthon (Unknown)
Azizah, Risalah (Unknown)
Mustapa, Al Muslim (Unknown)
Murwanti, Murwanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak bahasa Arab siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo dan kurang diminati serta minimnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga perlu dilakukan penelitian tentang media animasi doratoon terhadap kemampuan menyimak Bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif jenis quasi eksperimental dengan desain kelompok kontrol dengan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diantarnya; (1) Hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV pada kelas eksperimen sebelum perlakuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,00 dan pada kelas kontrol sebesar 64,62. (2) Hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV sesudah perlakuan yakni diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 86,54 dan pada kelas kontrol sebesar 76,54. (3) Terdapat pengaruh media animasi berbasis doratoon terhadap kemampuan menyimak Bahasa Arab siswa dan terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi dari kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar 0,001 < 0,05. Yang mana artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

afidah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-AfIdah ialah jurnal pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada kajian kebahasaan dan pengajaran. Jurnal ini sebagai media pengembangan keilmuan di tingkat prodi pendidikan bahasa Arab yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Sebagai jurnal Pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab ...