Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Inovasi Kepada Masyarakat (PENAMAS)
Vol. 3 No. 1 (2025): PENAMAS Januari 2025

Digitalisasi Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pemasaran UMKM di Desa Pejambon Pesawaran

Andriyaningsih, Ayu (Unknown)
Sumarwan, Edi (Unknown)
Medianto, Medianto (Unknown)
Widyaningsih, Papi (Unknown)
Anggelitha, Tiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

meningkatkan daya saing dan efektivitas pemasaran bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pelatihan pemasaran digital untuk UMKM di Desa Pejambon, Pesawaran. Metode yang digunakan mencakup survei, diskusi kelompok terarah, demonstrasi, dan praktik langsung. Pelatihan ini memberikan wawasan mengenai pengelolaan media sosial, analisis kebutuhan pasar, serta strategi pemasaran digital yang efektif, termasuk pemanfaatan platform digital untuk memperluas jangkauan pasar. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan keberhasilan dengan tingginya antusiasme peserta, peningkatan pemahaman, dan kemampuan mereka dalam menerapkan teknik pemasaran digital. Digitalisasi pemasaran memberikan UMKM kesempatan untuk meningkatkan kinerja bisnis, memperluas visibilitas merek, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Dengan demikian, hal ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

penamas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Penamas sebagai Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Inovasi terkemuka untuk memajukan teori dan praktik yang terkait dengan semua bentuk pengabdian kepada masyarakat. Jurnal sumbangsih termasuk mencakup bahasan tentang upaya inovatif masyarakat; trend, tantangan, peluang yang ...