Artikel ini membahas Interaksi sosial merupakan elemen penting dalam pembentukan karakter siswa, yang mencakup kontak sosial, komunikasi, serta pemahaman norma sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas teknik sosiodrama yang didukung oleh media video grafis dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas XI-6 SMA Negeri 13 Samarinda. Desain penelitian menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttest, dengan subjek enam siswa yang memiliki tingkat interaksi sosial rendah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada skor rata-rata interaksi sosial siswa dari 92,16 menjadi 125,83 dengan persentase peningkatan sebesar 33,66%. Analisis uji-T menghasilkan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05), membuktikan efektivitas intervensi ini. Teknik sosiodrama memberikan siswa kesempatan untuk memahami dinamika sosial melalui simulasi peran, sedangkan media video grafis mendukung visualisasi konsep-konsep sosial secara menarik.
Copyrights © 2025