PUSAKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2024): DECEMBER 2024

Pelatihan Gamifikasi: Implementasi Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD Swasta Srikandi Lhokseumawe

Nur Elisyah (Universitas Malikussaleh)
Islami Fatwa (Universitas Malikussaleh)
Widya (Universitas Malikussaleh)
Dinda Adha Hutabarat (Universitas Malikussaleh)
Zaharatul Humaira (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pelatihan gamifikasi bagi siswa di Sekolah Dasar Swasta Srikandi Lhokseumawe bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Mengingat tantangan yang dihadapi siswa, seperti kurangnya minat terhadap materi pelajaran khusunya mata pelajaran matematika. pelatihan ini mengintegrasikan elemen permainan berbasis teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Metode yang digunakan mencakup pengenalan konsep gamifikasi, diikuti dengan sesi praktik di mana siswa berpartisipasi dalam permainan edukatif yang dirancang menggunakan aplikasi dan platform digital. Peserta pelatihan adalah siswa kelas VI SD swasta Srikandi Kota Lhokseumawe, yang diharapkan dapat merasakan manfaat langsung dari metode ini. Pembahasan hasil pelatihan akan mencakup analisis peningkatan keterlibatan dan hasil belajar siswa, serta tantangan yang mungkin muncul dalam implementasi teknologi dalam pembelajaran. Dengan demikian, kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat menjadikan siswa lebih aktif dan termotivasi dalam belajar, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan dalam dunia yang semakin digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pusaka

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

PUSAKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a journal of the development and application of science and technology which contains publications on the results of community service activities, models or concepts and their implementation in the context of increasing community participation in development, ...