PUSAKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2024): DECEMBER 2024

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Literasi Digital Guru

Yulia Zahara (Universitas Malikussaleh)
Nurul Afni Sinaga (Universitas Malikussaleh)
Rizka Suhaila (Universitas Malikussaleh)
Zurra Yusally Aufa (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Literasi digital merupakan keterampilan dasar dalam penggunaan dan produksi media digital, namun sangat disayangkan guru-guru di SMPN 1 Lhokseumawe jarang menggunakan media pembelajaran digital dalam proses belajar mengajar. Guru juga belum mengetahui bahwa ada banyak aplikasi pendukung media pembelajaran interaktif yang dapat diadaptasi untuk diaplikasikan dalam proses belajar mengajar terutama belum tersedia akses belajar dan berlatih secara langsung perihal literasi digital dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif karena minimnya pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan sosialisasi terkait pentingnya literasi digital di lingkungan sekolah dan memberikan pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot secara komperehensif sebagai solusi dari adaptasi dan pembiasaan literasi digital tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participatory Rural Appraisal (PRA), dimana pada kagiatan ini guru berpartisipasi secara aktif dalam keseluruhan proses yang dilaksanakan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir yang berupa evaluasi dan penerimaan manfaat. Secara keseluruhan, tahapan kegiatan yang dilakukan pada pengabdian yang berupa pelatihan literasi digital guru melalui pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot ini terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil pengabdian ini berupa produk media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Kahoot yang dapat meningkatkan kemampuan literasi digital guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pusaka

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

PUSAKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a journal of the development and application of science and technology which contains publications on the results of community service activities, models or concepts and their implementation in the context of increasing community participation in development, ...