Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 6 No. 4 (2024): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Systematic Literature Review (SLR): Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar

Mutia Dini (Universitas Pelita Bangsa)
Sevi Marsha Nabilla (Universitas Pelita Bangsa)
Karina Fitriani (Universitas Pelita Bangsa)
Delia Julasari (Universitas Pelita Bangsa)
Eka Fahmiyanti (Universitas Pelita Bangsa)
Cindy Az-Zahra (Universitas Pelita Bangsa)
Syahfa Annisa Dewi (Universitas Pelita Bangsa)
Juniarti Putri (Universitas Pelita Bangsa)
Bramianto Setiawan (Universitas Pelita Bangsa)
Vina Iasha (SDN Pondok Bambu 06 Jakarta Timur)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya untuk meningkatkan pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar, yang merupakan salah satu dasar bagi pertumbuhan moral dan sosial peserta didik. Kegiatan kepramukaan menjadi fokus utama karena sejalan dengan kurikulum merdeka yang mengutamakan pengajaran berbasis karakter dan penanaman nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pramuka memengaruhi karakter peserta didik dan menemukan kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di era modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu systematic literature review (SLR) dengan mengidentifikasi berbagai artikel melalui database Google Scholar dengan kata kunci “Pendidikan Karakter”, “Ekstrakurikuler Pramuka”, dan “Sekolah Dasar” yang dapat dijadikan referensi dengan model Preferred Reporting Items for Systematic Reviews And Meta-Analysis (PRISMA). Dari hasil penelitian, kegiatan pramuka efektif dalam menanamkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan karakter pada peserta didik. Akan tetapi, penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan, seperti cuaca dan sarana yang terbatas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pendidik dan juga pembuat kebijakan dalam mengoptimalisasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler, sehingga para peserta didik dapat berkembang menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan perkembangan yang semakin rumit.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...