Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan

Rosyad, Ali Miftakhu (Unknown)
Suhendrik, Suhendrik (Unknown)
Faozi, Rahman (Unknown)
Nurchamidah, Nurchamidah (Unknown)
Hamsah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia melalui fleksibilitas dan fokus pada pengembangan kompetensi siswa. Artikel ini menganalisis pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri Lelea. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen sekolah. Temuan menunjukkan bahwa implementasi kurikulum ini memberikan peluang penguatan pembelajaran berbasis proyek dan koneksi industri, tetapi juga menghadapi tantangan seperti kesiapan guru, infrastruktur, dan adaptasi siswa terhadap pendekatan baru. Selain itu juga penilaian dalam kurikulum merdeka belajar ini bersifat holistic.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...