Cendikia Pendidikan
Vol. 13 No. 3 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

EFEKTIVITITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN SISWA SMP NEGERI 40 SAMARINDA

Sri Riski Amelia (Unknown)
Yasintha Sari Pratiwi (Unknown)
Wahyu Widyatmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik talking stick dalam meningkatkan etika pergaulan siswa SMP Negeri 40 Samarinda. Etika pergaulan merupakan norma dan nilai yang menjadi pedoman bagi siswa dalam berinteraksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VIII yang memiliki etika pergaulan rendah, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui skala etika pergaulan sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking stick, terjadi peningkatan skor etika pergaulan sebesar 17%, dari rata-rata 45% (kategori rendah) menjadi 62% (kategori sedang). Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,027 < 0,05, yang berarti teknik talking stick efektif dalam meningkatkan etika pergaulan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...