Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan lapangan yaitu rendahnya kemampuan anak dalam menyusun balok mulai dari yang besar ke yang kecil dan mengelompokkan balok menurut ukuran tinggi-rendah. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti melakukan tindakan untuk upaya memperbaiki proses pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal ukuran (besar-kecil, tinggi- rendah). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan prosedur penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II tiap siklus terdiri dari tiga kali tindakan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan terdapat peningkatan pada kemampuan menyusun balok mulai dari yang besar ke yang kecil. Pada pratindakan anak belum mampu dengan persentase 27%. Pada siklus I persentase 60% dan pada siklus II meningkat menjadi persentase 80%. Maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengelompokkan balok menurut ukuran tinggi-rendah anak usia 5-6 tahun melalui permainan balok meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021