Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IVB SDN Mawar 2 Banjarmasin, di mana siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memahami konsep pembelajaran yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran C3 Learning, yang merupakan kombinasi dari Contextual Teaching Learning, Picture and Picture, dan Make A Match. Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan campuran, penelitian dilaksanakan dalam tiga pertemuan dengan fokus pada empat aspek utama: aktivitas guru, aktivitas siswa, pemahaman siswa, dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan tes tertulis, kemudian dianalisis menggunakan skala penilaian dan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada semua aspek yang diteliti, dengan aktivitas guru mencapai kriteria "Sangat Baik", aktivitas siswa meningkat hingga 100% siswa tergolong "Sangat Aktif", pemahaman siswa berkembang menjadi "Sangat Paham", dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Kesimpulannya, model pembelajaran C3 Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila, menciptakan pembelajaran yang aktif dan kontekstual, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kerjasama, dan pemecahan masalah pada siswa kelas IVB SDN Mawar 2 Banjarmasin.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024