IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 1 No. 1 (2024)

Servant Leadership In Improving Teacher Performance at MAN Bondowoso

Khofi, Mohammad Bilutfikal (Unknown)
Syafriani, Syafriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Pendidikan merupakan landasan paling penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia yang cerdas, kreatif, inovatif, berpikiran terbuka, dan berkarakter baik (Khofi, 2024). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran servant leadership dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso serta dampaknya terhadap lingkungan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang menekankan kemampuan mendengarkan, empati, pemberdayaan, serta pengambilan keputusan partisipatif mampu menciptakan lingkungan kerja yang lebih kolaboratif dan mendukung pertumbuhan profesional guru. Servant leadership terbukti meningkatkan motivasi, inovasi, dan kualitas pengajaran di madrasah. Kesimpulannya, penerapan servant leadership di MAN Bondowoso efektif dalam meningkatkan kinerja guru dan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...