Jurnal Pelita PAUD
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Pelita PAUD

Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Bercerita di TK Negeri 1 Padang Baru

Zahratul Qalbi (Universitas Bengkulu)
Serli Marlina (Universitas Negeri Padang)
Rafhi Febryan Putera (Universitas Negeri Padang)
Isa Hidayati (Universitas Negeri Medan)
Melia Eka Daryati (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian di TK N 01 Padang Baru bahwa kemampuan bercerita anak belum berkembang dengan baik. Penyebabnya adalah kurangnya kreatifitas guru dalam menciptakan suatu alat permainan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Maze terhadap Kemampuan Bercerita Anak di TK N 01 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperiment. Populasi penelitian adalah anak TK N 01 Padang Baru yang berjumlah 47 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling, yaitu kelas B3 dan kelas B4 masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan Permainan Maze memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan buku dongeng. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh (3,96) lebih besar dari (2,10) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...