Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Special Issue

Hubungan Antara Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini

Amalia, Ayu (Unknown)
Hidayat, Heri (Unknown)
Nurdiansah, Nano (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung bahwa Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel ini adalah Aktivitas pembelajaran yang biasa dilaksanakan. Selama Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel anak-anak sangat antusias. Meskipun kemampuan motorik halus anak belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung; 2) Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dan; 3) Hubungan Antara Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Dengan 10 anak sebagai responden, metode yang digunakan adalah korelasional dengan total sampling. Hasilnya menunjukkan aktivitas mengecap menggunakan wortel memiliki nilai rata-rata 80-100 dengan kategori sangat baik dan kemampuan motorik halus anak rata-rata 93 dengan kategori sangat baik. Hubungan antara aktivitas mengecap menggunakan wortel dengan kemampuan motorik halus anak usia dini dianalisis diperoleh harga thitung = 4,622 > ttabel = 2,306. Analisis menegaskan hubungan positif signifikan antara keduanya, dengan kontribusi aktivitas mengecap menggunakan wortel terhadap kemampuan motorik halus anak sebesar 39%, sementara faktor lain mempengaruhi 61%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...